Selamat Datang Di Website Paroki Singkawang - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

21 Mar 2020

KOMUNI BATIN DALAM SITUASI KRISIS




APA ITU KOMUNI BATIN?

1. Komuni Batin
Komuni Batin dapat digunakan, ketika umat memiliki kerinduan yang besar untuk merayakan misa (menyambut Sabda Tuhan dan Tubuh dan darah-Nya) namun tidak dapat merayakan Ekaristi karena adanya halangan-halangan tertentu. Dan tentu saja, ini bukan karena alasan yang dibuat-buat atau pembenaran diri agar tidak datang ke gereja untuk misa, tetapi adanya sesuatu yang terjadi sehingga menghalangi umat untuk pergi ke gereja.


SANTO THOMAS AQUINAS

Komuni Batin adalah sikap batin yang merindukan komuni secara
sakramental. Meski, perlu juga menerima komuni secara sakramental agar
memperoleh manfaat sepenuhnya.
(ST III, q. 80, a. 1)


SANTA TERESIA AVILA

Ketika dirimu tidak dapat menyambut komuni dan menghadiri Misa, kamu dapat melaksanakan komuni batin, yang merupakan praktik yang sungguh bermanfaat; dengan melaksanakan itu cinta Tuhan bagimu akan terasa menakjubkan.
(EL Camino de Perfeccion cap. 35)


SANTO YOHANES PAULUS II

Sungguh sangat baik untuk menanamkan kerinduan akan sakramen Ekaristi. Ini adalah asal mula dari praktik "komuni batin", yang sudah dimaklumkan gereja selama berabad-abad dan dianjurkan oleh para kudus yang adalah para guru hidup rohani.
(Ecclesia de Eucharistia art. 34)


DOA KOMUNI SPIRITUAL

Yesusku, aku percaya. Engkau sungguh hadir dalam Sakramen Mahakudus.
Aku mencintai-Mu lebih dari segalanya, dan aku merindukan kehadiran- Mu dalam jiwaku. Karena sekarang aku tak dapat menyambut-Mu dalam Sakramen Ekaristi, datanglah sekurang-kurangnya secara rohani ke dalam hatiku. Seolah-olah Engkau telah datang, aku memeluk-Mu dan mempersatukan diriku sepenuhnya kepada-Mu; Jangan biarkan aku terpisah dari pada-Mu. Amin.


0 komentar: