MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

9 Jun 2017

CINTA

CINTA


Kita benar-benar harus memahami orang yang ingin kita cintai.
Jika cinta hanyalah kemauan untuk memiliki, itu bukanlah cinta.
Jika kita hanya memikirkan diri sendiri, jika hanya mengetahui kebutuhan diri sendiri, dan mengabaikan kebutuhan orang lain, kita tidak bisa mencintai.
Kita harus melihat dalam-dalam agar bisa melihat dan memahami kebutuhan, cita-cita, dan duka orang yang kita kasihi. Inilah landasan cinta sejati. Anda tidak bisa tidak mencintai seseorang tatkala Anda benar-benar memahami orang tersebut.

Dari waktu ke waktu,  duduklah di dekat orang yang Anda cintai, peganglah tangannya, dan tanyakanlah,; Sayang, apa aku cukup memahamimu? Atau aku membuatmu menderita? Tolong beri tahu aku supaya aku bisa belajar mencintaimu dengan layak. Aku tak ingin membuatmu menderita, dan jika aku melakukannya karena ketidaktahuanku, tolong beri tahu aku agar aku bisa lebih baik mencintaimu, supaya kamu bisa bahagia.
Jika Anda mengatakan itu dengan suara yang mengomunikasikan keterbukaan sejati Anda untuk memahami, orang itu mungkin bisa menangis. Itu pertanda yang baik, karena itu berarti pintu pemahaman sedang terbuka dan segala sesuatu akan menjadi mungkin lagi.

Mungkin seorang ayah tidak punya waktu atau tak cukup berani menanyai putranya pertanyaan seperti itu. Maka cinta antara mereka tidak akan sepenuh yang bisa terjadi.
Kita memerlukan keberanian untuk menanyakan pertanyaan tersebut, namun jika kita tidak bertanya, semakin kita mencintai, semakin kita menghancurkan orang yang berusaha kita cintai.
Cinta sejati memerlukan pengertian. Dengan pengertian, orang yang kita cintai niscaya akan mekar.

Jika Anda mencintai seseorang, pasti Anda ingin ia bahagia. Jika ia tidak bahagia, maka Anda pasti tidak bahagia juga.
Kebahagiaan bukanlah masalah pribadi.

Cinta sejati membutuhkan pengertian yang mendalam. Pada dasarnya, cinta adalah nama lain dari pengertian.
Jika Anda tidak mengerti, Anda tidak dapat mencintai dengan semestinya.
Tanpa pengertian, cinta Anda hanya menjadi penyebab penderitaan bagi orang lain.

Untuk mencintai dengan cara yang benar, Anda harus memiliki pengertian. Pengertian maksudnya dapat melihat kegelapan, kesakitan, dan penderitaan orang lain.
Jika tidak dapat melihatnya, apapun yang Anda lakukan demi dia, hanya akan menambah penderitaannya.

Meskipun memiliki keinginan baik, Anda dapat membuat pasangan Anda tidak bahagia.
Belajarlah untuk menciptakan kebahagiaan. Belajarlah untuk mencoba mengerti, dan berikanlah cinta kasih dan welas asih yang tanpa syarat, mau merawat dan membantu pasangan Anda berkembang dan menjadikan kebahagiaan sesuatu yang nyata.

Goresan Pena : Herry Kusuma

0 komentar: