MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

2 Mar 2017

Saint Tarsi Festival 2017

Saint Tarsi Festival 2017

“Tarsisius hebat....”
Ungkapan ini sebagai bentuk syukur atas keberhasilan SMP Santo Tarsisius dalam menyelenggarakan event “Saint Tarsi Festival 2017“ dari tanggal 18 - 21 Januari 2017 lalu, yang sebelumnya event ini dikenal dengan nama “Sosial Day“. Dipelopori oleh Br.Valensius Ngardi, S.Pd, MTB event ini adalah event tahunan SMP Santo Tarsisius dan menjadi event terbesar sekolah karena melibatkan peserta dari semua Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta se-kota Singkawang.

Melalui kegiatan ini, SMP Santo Tarsisius menjadi wadah dan ajang kreativitas siswa yang pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh. Sikap ini hanya akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan dalam “Saint Tarsi Festival 2017” kepada siswa yang meliputi pengamatan, penilaian serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan siswa dalam segala aktivitas seni dan pengetahuan di luar sekolah, khususnya bagi siswa Sekolah Dasar yang memiliki bakat dan kreativitas.

Dan hasilnya..., “sangat luar biasa”... di luar dugaan, antusiasme dan proaktif dari para peserta Saint Tarsi Festival 2017 mengejutkan pihak panitia. Hal ini dibuktikan dengan hasil perlombaan dan jumlah peserta yang mencapai target sesuai dengan yang diharapkan. Kemampuan, bakat dan kreativitas peserta lomba juga membuat kagum dewan juri pada saat perlombaan, mengingat peserta event ini adalah siswa/i Sekolah Dasar se-kota Singkawang. Keberanian untuk tampil di depan tanpa rasa gugup sedikitpun yang membuat penonton bergemuruh memberikan sorak sorainya. Bagi mereka peserta lomba, menang atau kalah dalam sebuah perlombaan adalah hal biasa, yang terpenting mereka bisa menampilkan yang terbaik dari bakat dan kreativitas yang dimilikinya, begitu ungkap salah satu peserta.

Menurut Bapak Agus, salah satu dari guru pendamping SDN 24 Singkawang Barat sekaligus pelatih untuk lomba modern dan musikalisai puisi, beliau mengapresiasi SMP Santo Tarsisius yang berani mengadakan gebrakan baru melalui event “Saint Tarsi Festival 2017” sebagai wadah bagi siswa Sekolah Dasar dalam berapresiasi dalam bidang seni dan olah raga. Lanjutnya lagi SMP Santo Tarsisius merupakan SMP Swasta berlatarkan sekolah Katolik yang mengadakan kegiatan event seperti ini sehingga beliau berpesan untuk tetap eksis dan menginovasi ide-ide kreatif bagi SMP Santo Tarsisius dalam event berikutnya di tahun mendatang.

Beberapa kegiatan dan perlombaan dalam event “Saint Tarsi Festival 2017“ kami sajikan melalui foto-foto berikut ini :


0 komentar: