MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

3 Mar 2017

Pembuatan Kolam Ikan Wujud Pemberdayaan Umat Stasi Aris ( Bagian-1 )

Pembuatan Kolam Ikan Wujud Pemberdayaan Umat Stasi Aris( Bagian-1 )


Ada banyak cara untuk berdayakan umat, khususnya di Stasi Gereja St. Yosep - Aris, Paroki Singkawang yang telah membentuk kelompok kerja budidaya kolam ikan dengan tujuan pemberdayaan umat agar umat dapat tumbuh dan berkembang baik dari segi kreativitas dan finansial untuk memenuhi dan menambah pemasukan serta dengan memperjuangkan kesejahteraan bersama. Pada Minggu, 16 Oktober 2016 pengurus umat dan umat mengadakan pertemuan dan membentuk kelompok budidaya kolam ikan, di mana pelaksanaan pertemuan ini setelah umat merayakan Ibadat Hari Minggu bersama di gereja. Pertemuan menghasilkan kesepakatan dan untuk sementara terbentuklah satu kelompok budidaya kolam ikan yang diketuai oleh bapak Antonius Ajun dengan anggota dua belas orang.

Lahan yang sudah dipersiapkan untuk kolam ikan dikerjakan bersama oleh kelompok dan akan dipelihara ikan nila dan ikan mas. Dengan penuh semangat dan keceriaan kelompok melapangi lahan, menggali tanah dengan cangkul dan alat seadanya, mengangkat dan membuang tunggul-tunggul kayu dan lumpur, membuat saluran air masuk dan air keluar serta membarau kolam dengan batang-batang kayu agar tebing-tebing kolam tidak longsor. Cukup sederhana namun tidak menyurutkan semangat kerja tim yang berkubang dengan lumpur.

Upaya ini disambut baik dan didukung oleh Pastor Paroki untuk memberdayakan umat karena pada umumnya umat di Stasi Aris memiliki semangat kerja dan semangat untuk mengembangkan potensi diri. Dengan adanya pemberdayaan budidaya kolam ikan ini nantinya diharapkan bisa memberi kontribusi dalam peningkatan pendapatan umat, memperluas kesempatan kerja dan kesempatan usaha, serta dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan rumah tangga.

Pemberdayaan ini akan berhasil apabila kelompok yang sudah terbentuk menyadari perlunya proses baik dari segi waktu, usaha, kesabaran, dan daya juang. Semoga saudara-saudari kita yang lain termotivasi dan ikut terlibat langsung untuk tugas ini. Masih ada cara lain asalkan ada kemauan dan pemberian diri yang tulus dalam bekerja. 
Semangat! (Anton Martono)  

0 komentar: