MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

26 Nov 2016

KEMERIAHAN KAUL KEKAL DAN PESTA PERAK HIDUP MEMBIARA SUSTER KLARIS KAPUSINES SINGKAWANG


KEMERIAHAN KAUL KEKAL DAN PESTA PERAK HIDUP MEMBIARA
 SUSTER KLARIS KAPUSINES SINGKAWANG
 
 

Pagi yang cerah dan penuh kedamaian ini, Para Suster Klaris Kapusines atau lebih dikenal dengan sebutan Suster Slot di Providensia Singkawang sedang penuh dengan suka cita dan kegembiraan di dalam Tuhan. Selasa 1 November 2016 yang bertepatan dengan pesta hari raya semua orang kudus, Suster Slot, sebutan akrab para biara Klaris Kapusines, merayakan pesta Kaul Kekal Meriah dan pesta perak (25 tahun) hidup membiara. Suster yang mengucapkan Kaul Kekal Meriah adalah Suster Maria Agnes Silaen, OSCCap, sedangkan suster yang merayakan pesta perak adalah Suster M. Laetitia, OSCCap. 
 

Pesta meriah ini dikemas dalam suatu perayaan Ekaristi (Misa) di Gereja Katolik Paroki Santo Fransiskus Assisi Singkawang. Misa ini dpimpin oleh Pastor Amandus Ambot, OFMCap, selaku Minister Provinsial Ordo Kapusin Pontianak dan didamping beberapa Pastor Kapusin dan Pastor SVD. Misa dimulai tepat pukul 09.00 dan diiringi oleh tari-tarian dari Sanggar Buria Enek, Persekolahan Katolik Nyarumkop, Singkawang Timur. Seribu lebih umat hadir memenuhi gedung Gereja Katolik ini. Kehadiran umat sangat membantu dalam doa dan sekaligus menyemarakkan rangkaian pesta iman ini. 

Inti dari pesta ini adalah pengucapan 3 kaul oleh Sr Maria Agnes Silaen, OSCCap. Di hadapan Abdis Sr Rosa OSCCap dan seluruh umat yang hadir, Sr Agnes mengucapkan 3 kaul kepada Allah. Abdis adalah sebutan untuk pimpinan Biara Klaris Kapusines. Ke 3 kaul tersebut adalah kemurnian (tidak menikah), ketaatan, dan tanpa milik (kemiskinan). Kaul adalah janji suci yang diucapkan oleh seorang anggota religius untuk mengikuti jalan panggilan Tuhan. Misa ini selesai pada pukul 11.30 dan dilanjutkan dengan ramah tamah / resepsi dan santap siang bersama di halaman samping Biara Providensia. Selamat dan sukses untuk Suster Agnes dan Suster Laetitia. Semoga makin mantap dan selalu setia mengikuti panggilan Tuhan. (Eko Heru Nugroho)

0 komentar: