MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

16 Sep 2016

WISATA ROHANI BERSAMA PWK SANTA MONIKA

WISATA ROHANI BERSAMA PWK SANTA MONIKA

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun PWK Santa Monika yang ke-3 dan Tahun Yubileum Kerahiman Ilahi 2016, PWK Santa Monika Singkawang telah mengadakan wisata Rohani ke Yogyakarta dan sekitarnya. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 15-18 juni 2016 tersebut diikuti oleh 28 orang peserta, termasuk Pastor Agustinus Subagio OFM.Cap, dan Br.Gregorius Boedisapto MTB yang berperan sebagai pendamping.    

Kegiatan wisata Rohani yang sudah direncanakan satu tahun yang lalu tersebut, dapat terselenggara berkat niat dan usaha serta semangat para anggotanya. Selain menabung, mereka juga mengumpulkan dana dari hasil berjualan (bazar) makanan, minuman dan barang-barang devosional. Selain itu beberapa ibu-ibu membuat rosario dan mencetak kalender untuk dijual.

Setelah dipastikan tanggal dan tempat pelaksanaan maka dibentuklah panitia kecil yang berfungsi untuk membantu kelancaran persiapan dan pelaksanaannya. Mulai pendaftaran peserta, pesan tiket pesawat terbang pp, mencari penginapan, carter bus wisata dan bus Damri, mencari informasi tempat-tempat ziarah dan wisata serta membuat jadwal perjalanan secara rinci dsb.

Bagi kami, ini merupakan pengalaman pertama dan bukan suatu pekerjaan yang mudah dan sederhana. Namun berkat kerjasama, kesabaran dan doa dari teman-teman semua, akhirnya kegiatan wisata rohani 2016 dapat terlaksana. Tempat ziarah tahun kerahiman ilahi yang kami kunjungi adalah candi hati kudus yesus di Bantul, dan gua Maria Jatiningsih di Klepu, gua maria Kerep di Ambarawa.

Selain itu tempat wisata yang kami kunjungi adalah Pantai Depok, Candi Borobudur, Malioboro dan Taman Sari Komplek Keraton Yogyakarta. Dikota Ambarawa kami juga mengunjungi tempat bersejarah di monumen palagan dan museum kereta Api Tua. Satu tempat lagi yang kami singgahi adalah seminari yang terbesar dan cukup terkenal di jawa.

Suasana kusuk, hening, dan sakral sangat dirasakan para peserta di tempat-tempat ziarah. Kami juga mengadakan perayaan ekaristi di gua maria sendang sono dan gua maria kerep Ambarawa. Demikian pula ketika di tempat-tempat wisata peserta pun tampak gembira ,senang dan puas.

Empat hari sudah berlalu. Tinggal kesan dan kenangan dari para peserta. Semoga pengalaman pertama wisata rohani Santa Monika memberi makna dan arti bagi para peserta khususnya membawa pencerahan dan peneguhan dalam hidup menggereja.(Greg Boedi Sapto)

0 komentar: