MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

29 Mei 2016

Dua Malaikat Penyambung Lidah Sang Ilahi

Dua Malaikat Penyambung Lidah Sang Ilahi


Teriknya mentari tak menggentarkan langkah kaki para narasumber dan peserta untuk menghadiri seminar Kerahiman Ilahi di Aula Hotel Sentosa Singkawang (17/04/2016). Seminar dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dipandu oleh moderator Drs. Titus Pramana, M.Pd. Sesi pertama materi disampaikan oleh Pastor Mayong, OFMCap.  Sejarah, tujuan, dan esensi tahun kerahiman Ilahi dijabarkan dengan jelas oleh pastor. Senyum sapa mengayomi para peserta yang hening mendengarkan materi yang disampaikan, “Mari bersama kita pahami makna mengampuni kesalahan, bukan sekadar melupakan kesalahan namun juga belajar mengasihi, karena Allah sangat berbelas kasih kepada kita,” imbuhnya. Tidak terasa kurang lebih 60 menit bersama sesi yang dibawakan oleh Pastor Mayong, OFMCap selesai, tepuk tangan dan senyum peserta tak henti diberikan kepada pastor.

Setelah sesi pertama selesai, tiba saatnya moderator memperkenalkan dan memberi waktu kepada narasumber kedua untuk menyampaikan materi. Dengan antusias pula narasumber ke dua, Bapak Dr. Adrianus Asia Sidot, S.Sos., M.Si disambut meriah oleh para peserta. Perkenalan singkat menjadi motivasi bagi salah satu peserta  acara seminar siang itu, “Saya kagum dan termotivasi dengan sejarah singkat hidup Pak Adrianus, beliau merintis kariernya dari bawah,” kata seorang pendidik yang berasal dari SMP Pengabdi Singkawang yang tidak mau disebutkan namanya. Beliau membawakan seminar dengan Tema “Menghayati Kerahiman Ilahi di Tengah Masyarakat Kalimantan Barat,” mampu mengugah para peserta seminar untuk bersama-sama menguatkan mental dan harapan, “Kita harus siap mental, mari sama-sama kita memaknai kehadiran Kerahiman Sang Ilahi mulai dari keluarga kecil kita,” ujar Sidot yang juga menjabat sebagai Bupati Landak mengimbau para peserta seminar. 

Rekonsiliasi seluruh etnik dan agama di Kalimantan Barat ini menjadi salah satu topik yang dianggap penting oleh bapak Dr. Adrianus Asia Sidot, S.Sos., M.Si karena berkenaan dengan konflik pada tahun 1997 dan sebelumnya yang sangat berdampak pada kehidupan masyarakat saat ini. Beliau mengatakan dengan adanya rekonsiliasi akan menciptakan kehidupan yang harmonis dan penuh kedamaian dilandasi oleh Kasih Allah, “Ayo kita sama2 memulai untuk Kalimantan Barat, semua etnis harus bersatu agar Kerahiman Ilahi nyata kita rasakan di bumi Kalimantan Barat ini, mari saling menghormati tanpa syarat,” ajak narasumber yang sangat familiar dengan disapa Pak Adrianus bagi para peserta seminar.

Detik-detik terakhir acara diisi dengan sesi tanya jawab, setelah berakhirnya sesi tanya jawab, Santo Satriawan sebagai tim redaksi Buletin LIKES mewancarai ke dua narasumber. Kesan kedua narasumber seminar sangat baik, “Peserta sangat antusias dan harapan saya para peserta seminar dapat merefleksikan serta mengimplementasikan hasil seminar hari ini,” respon Bapak Adrianus Asia Sidot,S.Sos.,M.Si saat diwawancarai.

Seminar selesai, dan dilanjutkan dengan Misa penutup serangkaian acara yang sangat bermanfaat dan memiliki nilai religius yang mendalam bagi iman umat Katolik. (SS)


0 komentar: