MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

14 Mar 2016

Pembelajaran Rela Berbagi Semenjak Dini

Pembelajaran Rela Berbagi Semenjak Dini



Singkawang, Sabtu, 26 Desember 2015. Keriaan menjadi hal nyata yang terbias dalam Gereja Katolik St Fransiskus Assisi, Singkawang. Pagi itu, pukul 08.00 wiba, misa digelar di gereja yang beralamat di Jalan P. Diponegoro. Misa meriah yang masih dalam suasana Natal dikhususkan bagi anak-anak. Maka tak heran jika umat yang memadati gereja kebanyakan dari kalangan anak-anak.

Tak seperti biasanya jika dalam Ekaristi lain, pastor pemimpin misa menyampaikan homili, maka dalam Ekaristi pagi itu digelar drama teatrikal kelahiran Bayi Yesus yang diperankan dengan apik oleh anak-anak Sekolah Minggu.

Seluruh pemain berdandan dan mengenakan berbagai kostum yang sangat mewakili jalan cerita. Umat yang hadir dibuat terpesona oleh aksi yang berdurasi lebih kurang dua puluh lima menit ini. 

Usai pementasan drama teatrikal kelahiran Sang Juru Selamat, Pastor Gathot, OFMCap yang pagi itu memimpin misa memberikan penguatan dengan menyampaikan pesan bahwa Tuhan mau memberikan dirinya bagi kita dalam rupa anak manusia, Bayi Yesus. Di samping itu Pastor juga menyoroti peran tiga raja dari timur sebagai tokoh yang memberikan pelajaran moral sekaligus mengajak seluruh anak agar dapat memetik intisari dari drama tersebut dengan jalan berbagi kepada sesama. Seluruh anak yang hadir dapat dengan rela berbagi sukacita bagi teman-teman di kampung dengan cara mengumpulkan kado agar dapat disalurkan ke berbagai stasi di wilayah Paroki Singkawang.

Kiranya pembelajaran berbagi semenjak dini yang diterapkan oleh gereja memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang mentalitas anak agar peka dan peduli bagi sesama. (Hes)