MARILAH MENYEBARKAN DAMAI DAN CINTA KASIH - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

3 Jun 2015

ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK PERTAMA & UTAMA

ORANG TUA SEBAGAI PENDIDIK PERTAMA & UTAMA

               


                Minggu 30 November 2014 Panitia Natal dari seksi sosial menggelar seminar yang ditujukan bagi calon orang tua maupun yang telah menjadi orang tua. Adapun tema yang diangkat berkait erat dengan tema Natal tahun ini yaitu “ Berjumpa Tuhan Dalam Keluarga”.  Seminar ini mengarah pada mereka yang  akan dan telah menjadi orang tua agar tahu dan paham akan pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya di dalam keluarga.
                Bruder Gabriel, MTB selaku Narasumber acara ini memaparkan tentang kasih yang menjadi dasar di dalam kehidupan berkeluarga.  Mengutip sepenggal puisi karya besar Kahlil Gibran yang mengatakan “Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu. Mereka adalah putra dan putri dari kehidupan itu sendiri. Mereka datang melalui kalian, tetapi tidak berasal dari dirimu. Dan walaupun mereka bersamamu, mereka bukan milikmu”. Demikianlah kalimat puisi yang memberikan makna bahwa anak-anak yang dihadirkan dalam keluarga kita adalah sebuah anugerah dan titipan dari Tuhan.  Pendidikan iman menjadi bagian yang penting dalam membentuk karakter anak. Selain itu iman dalam keluarga yang kuat akarnya dapat berperan dalam membantu misi Gereja yang nantinya dapat melanjutkan hidup perutusan para Pastor, Suster, Bruder dan Tuhan Yesus.
                    Pada sesi kedua seminar ini membahas mengenai Narkoba. Materi ini disampaikan oleh Bapak Sabar Mauliate Tua, S.Ikom dari BNN (Seksi pencegahan Narkotika Kota Singkawang). Bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang tua tentang bahaya Narkoba dan cara pencegahan serta penanggulangannya.  Dalam materi Narkoba kepada orang tua, mereka diberikan pengetahuan bagaimana cara menciptakan lingkungan yang aman bagi anak dan menindaklanjuti kejadian pada korban pecandu Narkoba terlebih jika itu terkena terhadap anak mereka. Peran orang tua sangatlah penting dalam hal psikologis bagi anak mereka. Pantauan orang tua sangat diperlukan agar anak-anaknya terhindar dari Narkoba. Upaya yang dapat menghindari anak dari bahaya Narkoba antara lain adalak anak diajarkan untuk fokus mencapai cita-citanya, diarahkan mengikuti kegiatan organisasi yang positif , hobi yang baik bagi masa depannya sehingga menjadikan waktu lebih berharga, menjaga hubungan dengan keluarga agar harmonis, dan berhati-hati dalam memilih teman. (SHe)